DPRD Minta BUMD Berorientasi Ekonomi Produktif

DPRD Minta BUMD Berorientasi Ekonomi Produktif

Gorontalo,  (Antaranews Gorontalo) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lebih optimal dalam pengelolaan usaha ekonomi yang lebih produktif.?

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail, di Gorontalo, Kamis, pada pertemuan bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintahan daerah itu.

“BUMD harus mampu menjalankan berbagai jenis usaha produktif yang mampu mendulang pendapatan asli daerah (PAD),” ujarnya.

Ia menyatakan, daerah itu telah memiliki BUMD dan telah mampu bergerak dalam berbagai jenis usaha.

Maka geliatnya harus lebih produktif khususnya dalam menggerakkan perekonomian daerah.

Diantaranya kata Gustam, BUMD diharapkan mampu bekerja sama lebih maksimal dengan para petani, dalam menggerakkan usaha pertanian seperti yang dijalankan saat ini, yaitu pembelian jagung dan beras.

Harus ada cara yang tepat dalam mendorong petani meningkatkan produksinya dan BUMD menjadi muara tempat petani menjual hasil pertaniannya dengan harga yang sesuai.

“Tidak mengambil untung sepihak namun memberi keuntungan bagi petani. Ibaratnya, jika harga anjlok, maka BUMD harus melakukan inovasi agar petani tidak merasakan turunnya harga komoditas yang sering dirasakan saat panen melimpah,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Ia berharap, penyertaan modal yang disetujui DPRD untuk BUMD, dapat memberikan dampak positif bagi daerah dalam meningkatkan PAD.

Mengingat tujuan pendirian BUMD kata ia, diantaranya meningkatkan sumber penerimaan bagi daerah yang akan bermuara pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : Susanti Sako
Editor: Hence Paat
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *