Pemda Gorontalo Utara Seleksi Jabatan Sekda, Bupati Minta Pansel terbuka dan transparan

Pemda Gorontalo Utara Seleksi Jabatan Sekda, Bupati Minta Pansel terbuka dan transparan

KWANDANG-Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara akan melakukan Open Bidding (Lelang Jabatan) Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara, berdasarkan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) jabatan sekda lima tahun masa jabatan, dan surat persetujuan Mendagri Nomor 800/6247/Otda tanggal 2 Agustus 2018.

Jabatan Sekertaris Daerah Gorut yang sebelumnya di pegang oleh Ir.Ismail Patamani resmi ditanggalkan Beliau sebelum mengikuti Pilkada Gorut bulan Juni lalu. sementara Pelaksana Tugas Sekda saat ini diemban Oleh Penjabat Sekda Gorut, Sofyan Djaidjun yang akan berakhir masa jabatannya akhir Bulan September ini.

sehingganya, Pihak Panitia Pelaksana, BKPP Gorut melalui Kepala Dinasnya, Tahir Datau mengumumkan Job Bidding bagi Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan pemerintah provinsi, Kota/Kabupaten se-Provinsi Gorontalo untuk mengikuti proses Seleksi terbuka.

“ya, sesuai dengan persetujuan Pihak kemendagri dan Menpan RB, Pemda Gorut sudah bisa melaksanakan Seleksi terbuka pimpinan Tinggi Pratama untuk posisi jabatan Sekda. tahapannya kita sudah mulai sejak tanggal 31 Agustus hingga tanggal berakhirnya Pendaftaran yakni pada tanggal 21 September mendatang, dan tahapan seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 24 September sampai dengan tanggal 8 Oktober mendatang”, ungkap Kaban BKPP Gorut.

sementara itu, Bupati Gorontalo Utara Dr. Hi. Indra Yasin, MH mengatakan Open Bidding sekda Gorut akan segera dilakukan, karena Pemda gorut telah memiliki surat ijin dari Kemetrian Dalam Negeri dan komisi Aparatur Sipil Negara untuk melakukan Seleksi Jabatan Tinggi Pratama dilingkungan Pemda Gorut.

“ya, sesuai dengan Surat izin Kementerian Dalam negeri, Pihak Pemerintah daerah segera membentuk Tim Panitia Seleksi Jabatan Tinggi Pratama yakni posisi Sekretaris Daerah yang mengalami kekosongan karena telah habis masa Jabatannya kurang lebih 5 tahun. sehingganya, open bidding ini bukan sebuah pemberhentian melainkan karena adanya undang-undang masa jabatan sekda selama lima tahun”, ungkap bupati Indra yasin.

Bupati menilai sosok pejabat yang ada di lingkungan Pemda Gorut sendiri banyak memiliki figur yang berpotensi untuk menjabat sebagai sekda, akan tetapi semua itu harus melalui tahapan seperti tes umum dan evaluasi, dan memenuhi syarat dan Kriteria yang telah ditentukan pihak Pansel. “jabatan Sekda sangat Strategis bagi pemerintah daerah. jadi tidak sembarangan di tunjuk. harus melalui Seleksi yang ketat dan memenuhi sejumlah persyaratan dan Uji Kompetensi yang ditentukan pansel. olehnya saya berharap para Pejabat yang ikut dalam seleksi nanti dapat mengikutinya secara fair. dan Pihak pansel pun terbuka dan transparan dalam setiap tahapan Proses seleksi nanti”, pungkas Bupati Indra Yasin. (humas setda & Dinas Kominfo Kab. Gorontalo Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *