Akomodir Program Prioritas, APBD-P tahun 2018 Ditetapkan

Akomodir Program Prioritas, APBD-P tahun 2018 Ditetapkan

Kwandang- Pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara bersama Jajaran Pimpinan dan Anggota DPRD Gorut menghadiri Rapat Paripurna IV atas penetapan Peraturan Daerah tentang APBD-P tahun anggaran 2018 Kabupaten Gorontalo Utara, sabtu (29/9) akhir pekan lalu, bertempat di Ruang Sidang DPRD Gorut.

Rapat Penetapan APBD-P ini dihadiri Bupati Gorontalo Utara DR. Hi. Indra Yasin, MH bersama Wakil Ketua DPRD Gorut, Lukman Botutihe, 18 Anggota DPRD, Unsur Muspida Kabupaten, dan Seluruh Pimpinan OPD dilingkungan Pemda Gorut.

Dalam penyampaian fraksi di DPRD, hampir seluruhnya menyetujui dan menerima rancangan APBD-P Gorut tahun 2018 dengan berbagai masukan, catatan maupun Perbaikan lebih lanjut.

Bupati Indra Yasin, dalam sambutan Pemerintah daerah menyampaikan terima kasih atas kehadiran Para anggota DPRD Gorut pada rapat paripurna IV guna pengesahan APBD-P Gorut tahun anggaran 2018. Bupati menjelaskan bahwa Pemerintah daerah menyadari begitu banyaknya kebutuhan dasar dan wajib yang menjadi tanggung jawab bersama dalam penyelenggaraan pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan yang tersentuh secara optimal sebagaimana berkembang dalam pembahasan Rancangan APBD-P tahun anggaran 2018 ini. “Pihak DPRD melalui badan Anggaran telah banyak memberikan masukkan, saran, pendapat dan Koreksi serta penyempurnaan terhadap program maupun kegiatanĀ  yang kesemuanya bermuara pada ketersediaan sumber pendanaan daerah. Sehingga kita lebih selektif dalam memilih dan memilah program maupunĀ  kegiatan yang bersifat penting dan menjadi Prioritas yang perlu diutamakan dalam rangka upaya peningkatan Kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gorontalo Utara”, ungkap Bupati Indra Yasin. Bupati pun menjelaskan Capaian Kinerja APBD tahun 2018 sampai dengan tanggal 28 september 2018 dengan mengacu pada APBD sebelum perubahan dengan capaian realisasi pendapatan sebesar Rp. 490.714.788.584,- atau 68, 34% dari target capaian sebelum APBD-P sebesar Rp. 718.044.915.209,-.

Selanjutnya pada sisa belanja Daerah dengan capaian Realisasi mencapai Rp. 437.670.193.664,- atau 58,52% dari pagu belanja Daerah sebelum perubahan yakni Rp. 747.837.215.709,-. Sehingganya, Bupati

Berharap capaian Kinerja APBD sampai dengan Akhir Bulan desember tahun 2018 ini bisa mencapai Angka 95% lebih sehingga dapat melampaui capaian realisasi kinerja Keuangan APBD tahun anggaran 2017. “tentunya dengan kinerja serta Sinergitas antara Pemerintah daerah dengan DPRD diharapkan dapat meningkatkan pembangunan daerah juga kesejahteraan masyarakat Gorut”, pungkas Bupati Indra Yasin. (Dinas Kominfo & Humas Setda Kab. Gorontalo Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *