Tingkatkan Pelayanan dan Pembangunan Desa, 123 Sekdes Ikuti ILDP di Jakarta

Tingkatkan Pelayanan dan Pembangunan Desa, 123 Sekdes Ikuti ILDP di Jakarta

JAKARTA – Guna meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan dan pembangunan di desa sebanyak 123 Sekretaris Desa se – Kabupaten Gorontalo Utara mengikuti program Integrated Leadership Development Program (ILDP) yang berlangsung di Hotel Ibis Mangga Dua Jakarta, Selasa (2/10/2018). Acara yang diikuti oleh 123 Desa dan 11 camat  ini digelar guna meningkatkan kinerja Sekdes terutama dalam pengelolaan anggaran desa.

Bupati Gorontalo Utara  DR. Indra Yasin, MH yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa program ini wajib diikuti karena desa mempunyai posisi yang sangat penting bagi pelayanan masyarakat khususnya bidang administrasi dan anggaran.

“Program ini kami khususkan dalam pelatihan administrasi, penyusunan anggaran, dan pertanggungjawaban desa terhadap publik. Dengan demikian sekretaris desa sebagai bagian pengelolah pemerintahan, pelayanan dan pembangunan ,dapat terwujud” ujar Indra Yasin.Lebih lanjut bupati Indra Yasin mengungkapkan bahwa masalah utama dari para pemerintah desa  yang terjerat pidana tidak lain karena masalah administrasi dan keuangan desa, “Saya harapkan Sekretaris Desa sebagai pengelolah administrasi di desa lebih jeli lagi setelah program ini dalam pengelolaan keuangan desa karena ini yang menjadi masalah kalau pemerintah desa terjerat pidana,” ungkapnya.

Lebih lanjut Indra mengingatkan bahwa Sekretaris Desa merupakan administrator yang sangat penting dalam pelaksanaan jabatan di desa karena dialah yang bertanggung jawab dalam administrasi, keuangan desa, dan yang paling penting pertanggungjawaban pelaksanaan pemerintahan yang dilaksanakan tiap tahun dan pertanggungjawaban akhir masa jabatan kepala desa.“Makanya saya harapkan sekretaris desa harus aktif pada saat pelatihan agar ilmunya berguna untuk jabatannya di desa,” imbuhnya. (Dinas Kominfo & Humas Setda Kab. Gorontalo Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *