Hadiri Sarasehan Aspeksindo, Bupati Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Hadiri Sarasehan Aspeksindo, Bupati Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Jakarta – Saat menghadiri Sarasehan Nasional Kemaritiman dan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia (ASPEKSINDO), Kamis (4/10) bertempat di hotel Borobudur Jakarta Bupati DR. Indra Yasin, MH mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara terus berkomitmen mengembangkan potensi perikanan dan kelautan. Baik itu pembangunan infrastruktur dasar masyarakat maupun pemberdayaan nelayan pesisir melalui berbagai program pemberdayaan serta pemberian bantuan. Dengan demikian masyarakat nelayan yang terbentang dari ujung Atinggola sampai di Tolinggula dapat merasakan penghidupan yang layak serta dapat lebih sejahtera. Oleh karena itu melalui sarasehan nasional Aspeksindo yang digagas oleh Forum komunikasi maritim Indonesia (FORKAMI) dapat memperkuat penataan dan pemberdayaan potensi kemaritiman Indonesia termasuk Kabupaten Gorontalo Utara yang memilki potensi perikanan dan kelautan yang belum terkelolah secara baik. Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara lanjut bupati setiap tahunnya telah memprogramkan berbagai bantuan dan pemberdayaan nelayan baik melalui bantaun langsung maupun program pemberdayaan lainnya. Tentunya, melalui Sarasehan dan musyawarah Aspeksindo ini pemerintah pusat, para investor dan juga pihak-pihak lainnya yang bergerak dibidang kemaritiman dapat lebih mengenal potensi perikanan dan kelautan Kabupaten Gorontalo Utara sehingga akan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan perikanan dan kelautan di Gorontalo Utara dalam mewujudkan kekuatan kemaritiman di teras utara Indonesia.

Acara yang dibuka oleh Wakil ketua DPD RI Nono Sampono turut hadir dari Kementerian Bidang Kemaritiman, Kemendagri, Duta besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia serta para Investor kemaritiman Nasional. Bupati mengatakan Begitu banyak potensi kemaritiman di Indonesia ini yang belum terkelola dengan baik,seperti potensi pengembangan perkapalan, perikanan dan juga tranportasi seperti pelabuhan. “maka dengan digelarnya sarasehan ini dapat  memberikan gambaran potensial tentang prospek pengembangan potensi kemaritiman dan juga dapat memperkuat penataan, pemberdayaan potensi kemaritiman bagi pemerintah daerah sehingga dapat membuka peluang bagi para investor strategis dibidang kelautan, energy, kawasan industri untuk menanamkan modal usahanya di daerah masing-masing”, jelas bupati.

Bupati pun menjelaskan khusus di daerah Kabupaten Gorontalo Utara termasuk daerah yang memiliki Potensi Maritim yang cukup menarik dengan memiliki garis pantai terpanjang di Provinsi Gorontalo yakni 317 KM yang membentang dari timur yang berbatasan dengan Sulawesi Utara sampai ke barat yang berbatasan dengan Sulawesi Tengah, menjadi kekuatan perekonomian yang sangat potensi untuk dikembangkan. Selain itu, Daerah Gorut juga memiliki pelabuhan Internasional bongkar muat di kecamatan Anggrek yang sekarang ini banyak mengekspor jagung keluar negeri.

“Kedepan kita masih membutuhkan pegembangan pelabuhan Anggrek yang saat ini baru sekitar 210 meter panjang lintasan yang hanya mampu menampung dua kapal besat untuk bersandar. dan ini termasuk pada posisi yang sangat strategis”,ungkap Bupati

Selain itu juga, untuk hasil laut di Gorut masih membutuhkan pengembangan pelabuhan Perikanan dimana Kabupaten Gorontalo Utara juga banyak menghasilkan rumput laut, ikan kerapu dan mutiara yang kesemuanya itu merupakan hasil export daerah.

Sehingganya, Bupati berharap melalui Kegiatan ini dapat memberikan peluang dan membuka akses investasi untuk mengembangkan potensi daerah Gorut khususnya dibindang kemaritiman. (Dinas Kominfo & Humas Setda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *