Tingkatkan Kesejahteraan dan Kemandirian Nelayan, Bupati Serahkan Bantuan Rp. 9,6 Miliar

Tingkatkan Kesejahteraan dan Kemandirian Nelayan, Bupati Serahkan Bantuan Rp. 9,6 Miliar

KWANDANG- Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat nelayan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara melalui Bupati DR. Indra Yasin, MH kembali menyerahkan bantuan perikanan dan kelautan sebesar Rp. 9,6 miliar. Bantuan yang bersumber dari APBD dan APBN tahun 2018 ini terdiri dari sarana dan prasarana pendukung termasuk bantuan lainnya yang diserahkan langsung kepada para nelayan, Kamis (11/10) di Desa Motinelo, Kecamatan Kwandang.  Bantuan yang diserahkan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para nelayan untuk lebih meningkatkan produksinya.

Saat memberikan sambutan bupati mengungkapkan guna lebih meningkatkan produksi dibidang perikanan dan kelautan, kesejahteraan masyarakat nelayan dan masyarakat Pesisir, serta menjamin keberlangsungan aktifitas para nelayan di Kabupaten Gorontalo Utara, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara tidak henti-hentinya memberikan perhatian dan intervensi bagi program Perikanan dan Kelautan serta para nelayan. Hal ini dibuktikan dengan adanya penyerahan berbagai bantuan sarana prasarana perikanan dan pemberdayaan para nelayan.

Bahkan tidak hanya sarana dan prasarana akan tetapi mencakup program peningkatan kapasitas perikanan, perlindungan para Nelayan, pembudidayaan Ikan, Udang, bandeng serta fasilitas rumah layak huni bagi masyarakat keluarga pesisir di Daerah Gorut terus dibangun guna memenuhi kebutuhan serta meningkatkan kualitas hidup yang layak bagi masyarakat para nelayan.  “Seluruh bantuan yang diserahkan pada hari ini secara simbolis merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga kita para nelayan dan masyarakat pesisir. Diharapkan seluruh bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para penerima bantuan dalam peningkatan produksi perikanan. Dengan demikian penghasilan akan meningkat dan juga akan memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan. Dimana yang akan datang pemerintah berharap pemerintah daerah ini dapat hidup mandiri”, ungkap bupati. Lebih lanjut bupati menilai, potensi perikanan dan kelautan di daerah Gorontalo Utara  sangat besar untuk dimanfaatkan dengan baik dan bijaksana oleh para Nelayan. Akan tetapi para nelayanpun perlu mendapatkan jaminan keselamatan yang layak oleh pemerintah daerah. Sehingganya, program bantuan asuransi bagi para nelayan yakni dana santunan kecelakaan akibat melakukan aktifitas penangkapan ikan diharapkan dapat memberikan jaminan yang layak diberikan kepada keluarga para nelayan. Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gorut, Abdul Azis Hiola menambahkan Program bantuan sarana dan prasarana perikanan DKP Gorut bersumber dari APBD dan APBN tahun 2018. Dengan jumlah total anggaran seluruh bantuan yang diserahkan oleh Bupati Gorut yakni sebesar 9,6 milyar Rupiah yang terdiri dari 1 Unit Excapator, 2 unit Motor Coolbox 3 Unit, Mesin Kapal 3 GT 6 Unit, Perahu Katinting Fiber 6 Unit, Mini Purse Seine, Lampu Air garam 125 Unit, Life Jacket 400 Unit, Pengadaan katinting 52 unit, Pakan Ikan, kapur dan obat-obatan Perikanan, Benur udang 2 paket, Benih Ikan Air tawar 2 paket, budidaya Udang, bandeng dan Ikan Patin, Styrofoam 630 Unit, Chest Frezeer 7 unit, dan Box Fiber 4 unit. (Dinas Kominfo & Humas Setda Kab. Gorontalo Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *