Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Daerah, Bupati Tandatangani Nota Kesepakatan bersama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo

Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Daerah, Bupati Tandatangani Nota Kesepakatan bersama dengan BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo

KWANDANG – Dalam rangka mempercepat maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan ( SPIP ) serta meningkatkan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintahan (APIP) dilingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Kantor Perwakilan Badan pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Gorontalo Bekerjasama dengan Inspektorat Daerah Gorut menggelar sosialisasi Risk management dan Risk based dan penandatanganan nota kesepakatan bersama BPKP perwakilan wilayah Provinsi Gorontalo, selasa (30/10) Kemarin. Acara yang digelar di ruang tinepo kantor Bupati Gorontalo Utara ini, dibuka langsung oleh Bupati Indra Yasin,yang juga dihadiri oleh asisten II, seluruh pimpinan OPD Gorut, kepala BPKP Perwakilan Provinsi Gorontalo beserta staf, anggota legislatif DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, dan Camat se-Gorut.

Dalam sambutannya, bupati Indra Yasin mengungkapkan kegiatan sosialisasi dan Penandatanganan Kesepakatan bersama ini merupakan suatu hal yang sangat penting, karena melalui kegiatan ini pemerintah Gorontalo Utara dapat memperoleh masukan dari pihak BPKP Gorontalo yang dalam hal ini memiliki tugas dan kepercaya audit di internal pemerintahan. Bupati Indra Yasin sendiri sangat mengapresiasi kehadiran kepala perwakilan BPKP provinsi gorontalo dan penandatangan nota kesepakatan hari ini, karena menurutnya kehadiran dan penandatanganan kesepakakatan hari ini, bisa mewujudkan pengelolaan keuangan daerah gorontalo utara yang bersih, transparan, dan dapat di pertanggung jawabkan.

“tentu ini suatu hal yang kami anggap sangat penting, karena kehadiran pejabat BPKP yang kita tahu adalah audit internal pemerintah dapat memberikan masukan atau hal-hal apa saja yang harus diperhatikan pemerintah dalam meningkatkan pengelolaan keuangan sehingga terwujud pengelolaan keuangan yang bersih, tranparan dan dapat dipertanggungjawabkan diwilayah pemerintah kabupaten Gorontalo Utara”. ungkap bupati Indra Yasin.

Bupati Indra Yasin juga menyampaikan bahwa Gorontalo Utara sudah tiga kali memperoleh predikat WTP,  sedangkan di 2018 ini Indra berharap bisa memperoleh predikat yang sama. Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara juga menurut Indra Yasin sudah bekerjasama dengan BPKP mengenai pengelolaan keuangan melalui SIMDA pada beberapa waktu yang lalu, sehingga kedepan, kerjasama ini akan meluas pada bagian perencanaan, karena menurut indra BPKP sendiri adalah pengendali internal dalam pengelolaan keuangan di daerah. bupati indra yasin pun berharap pengelolaan keuangan daerah kabupaten gorontalo utara melalui sosialisasi risk management dan risk based ini dapat menuju ke level 3, maka dari itu seluruh pimpinan OPD dan peserta lainnya dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sebab untuk menuju level tiga tidaklah mudah.

“saya berharap kerjasama ini bisa terjalin sampai pada hal perencanaan, karena kita tau BPKP sendiri adalah pengendali secarainternal pengelolaan keuangan di daerah, dan untuk mencapai level tiga ini, tidak mudah, dan kita akan mendengarkan apa-apa saja pembenahan-pembenahan yang ita butuhkan kedepan” tambah indra yasin.

sementara itu, pihak BPKP sendiri yang langsung diwakili oleh kepala BPKP perwakilan Provinsi Gorontalo, Supriyadi mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dalam hal ini bupati, yang telah memberikan waktu dan kesempatan untuk bersosialasi di wilayah kerjanya karena ini sangat penting dan ini merupakan kewajiban seluruh pemda. Supriyadi menambahkan dengan ditandatanganinya kesepakatan ini, akan menjadi komitmen semua jajaran mengingat di bupati gorut sendiri sangat mendukung mengenai tata kelola keungan.

“saya sangat senang sekali dengan waktu yang telah disediakan, saya berharap dengan ditanda tanganinya kesepakatan ini, semua jajaran berkomitmen dalam meningkatkan kinerja dalam hal pengelolaan keuangan, apalagi Bupati sendiri sangat mendukung langkah ini”. ujar supriyadi. (Dinas Kominfo dan Humas Setda Kab. Gorontalo Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *