Upacara Hari Pahlawan Berlangsung Hikmat, Hormati Jasa Pahlawan Bupati Larung Bunga di Laut Ponelo

Upacara Hari Pahlawan Berlangsung Hikmat, Hormati Jasa Pahlawan Bupati Larung Bunga di Laut Ponelo

KWANDANG – Upacara memperingati hari Pahlawan 10 November ke-73 tahun 2018  tingkat Kabupaten Gorontalo Utara yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Gorontalo Utara, Sabtu (10/11) akhir pekan lalu berlangsung hikmat. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Dr. Indra Yasin, MH  diikuti Plt. Sekda Sofyan Djaidjun, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), para asisten, pimpinan OPD, para Veteran, anggota TNI/polri, aparat ASN dilingkungan Pemda Gorut dan kalangan siswa Sekolah SMP dan SMA se-Kabupaten Gorut. Saat membacakan amanat Menteri Sosial RI, Bupati menekankan bahwa upacara memperingati hari pahlawan ditahun 2018 merupakan momen refleksi untuk memberikan makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dengan menyalahkan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.  rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan yang setiap tahunnya dilaksanakan ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia. “Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara Seremonial namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia”, jelas Bupati saat membacakan sambutan Mensos RI.

lebih lanjut, Bupati menambahkan dengan  mengangkat Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 Yakni ‘Semangat Pahlawan Di Dadaku’ mengandung makna dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara. dan Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir/berhenti untuk berjuang. “karena Setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti ada Zamannya pula. olehnya Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial”, jelas Bupati dua Periode ini. olehnya, melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Indra mengajak semua StakeHolder untuk senantiasa berbuat yang terbaik bagi bangsa ini, membangun daerah dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Sementara itu  sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang yang gugur dimedan  perang pada umumnya dan pejuang yang gugur di laut pada khususnya,  pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara bersama unsur pimpinan Muspida menggelar larung bunga yang berlangsung di laut Ponelo Kepulauan usai mengikuti upacara hari Pahlawan yang ke-73 tahun 10 November 2018. Larung bunga serangkaian memperingati hari Pahlawanan 10 November 2018 tingkat Kabupaten Gorontalo Utara dipimpin langsung oleh Bupati Dr. Indra Yasin, MH bersama Plh Sekretaris Daerah Sofyan Djaidjun, para asisten, pimpinan OPD serta unsur Pimpinan Musyawarah Daerah (Muspida) tokoh masyarakat dan anggota TNI/Polri. usai kegiatan larung bunga, Bupati Indra Yasin menyampaikan bahwa peringatan hari Pahlawan harus menjadi inspirasi masyarakat dan generasi muda saat ini dalam membangun bangsa dan daerah. “dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI, para pejuang telah mengorbankan harta benda dan bahkan nyawa sekalipun hanya semata-mata meraih kemerdekaan. Para pejuang dalam melaksanakan tugasnya tanpa pamrih hanya ingin bebas dari segala bentuk penjajahan. Karena itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu menghargai para pahlawan. Tugas kita tidak berat, tinggal melanjutkan dan mengisi kemerdekaan saat ini dengan seluruh masyarakat Gorontalo Utara dapat bahu-membahu membangun daerah ini dengan tulus dengan mengepankan kekeluargaan, kebersamaan demi terwujudnya persatuan dan kesatuan”, jelas Bupati. Sebagai bentuk penghargaan terhadap para pejuang terdahulu, Bupati mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Gorontalo Utara untuk bersatu padu dalam mendukung pembangunan disegala bidang. “Tentunya kami sebagai pemerintah yang telah diberikan amanah dalam membuat kebijakan harus berpihak kepada masyarakat dan masyarakat sendiri harus membantu program pemerintah. Karena terlaksananya pembangunan tidak hanya semata-mata dibebankan kepada pemerintah, akan tetapi kita semua sebagai warga Negara Republik Indonesia”, jelas bupati. (Dinas Kominfo dan Humas Setda Kab. Gorontalo Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *