Usai dilantik Sebagai Sekda, Ridwan Yasin bersama Isteri Jalani Prosesi Adat Moloopu

Usai dilantik Sebagai Sekda, Ridwan Yasin bersama Isteri Jalani Prosesi Adat Moloopu

Kwandang- Usai dilantik dilantik Bupati Gorontalo Utara menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Hi. Ridwan Yasin,SH,MH bersama Isteri Sumaya Parimalang hari Kamis (15/11) kemarin menjalani Prosesi Adat Gorontalo untuk memasuki Rumah Dinas Jabatan Sekda (Moloopu). Rangkaian Adat Gorontalo Moloopu yang merupakan adat istiadat yang harus dilaksanakan kepada Pejabat baru yang resmi dilantik ini diawali dangan serangkaian adat turun dari Rumah Pribadi Sekda yang berada di Kota Gorontalo menuju Rumah Dinas Sekda di Kabupaten Gorontalo Utara. Rangkaian prosesi adat yang diikuti Ridwan Yasin dan istri di antaranya mopolahe tou taeya (mempersilahkan turun dari kendaraan), mopodiyambango (mempersilahkan melangkah), mopotupalo (mempersilahkan masuk gapura adat). Prosesi tersebut diiringi dengan sajak atau pesan-pesan adat yang syarat makna.

Moloopu merupakan upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi ke rumah dinas jabatan (Yiladia). Upacara ini, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat dari nederi adat Uduluwo Lo U Limo Lopohalaa (lima negeri adat).

Setibanya di Rumah Dinas, Rombongan Sekda bersama Keluarga disambut Oleh Bupati Gorontalo Utara DR. Hi. Indra Yasin, MH, para asisten, Pimpinan Forkopimda Gorut, unsur pimpinan OPD dan Camat se-Gorut.

Usai pelaksanaan Prosesi adat Moloopu, Bupati Indra Yasin menyampaikan selamat kepada Sekda yang baru dilantik dan menjalani prosesi adat Moloopu. “Saya selaku Pemerintah daerah Gorut menyampaikan selamat atas jabatan baru sekda kepada Ridwan Yasin. Dan syukur Alhamdulillah hari ini sekda Telah menjalani prosesi adat Moloopu dan semua berjalan lancar”,ungkap Bupati Indra Yasin. Bupati menjelaskan bahwa jabatan Sekda sangat penting guna mengemban tugas dan fungsi pelayanan, pengatur dan membantu tugas-tugas pemerintahan. “Saya berharap Sekda yang baru dilantik ini dapat segera menjalankan fungsi koordinasi, pelayanan dan mengatur jalannya pemerintahan serta membantu tugas pimpinan Daerah”, jelas Bupati Indra Yasin. (Dinas Kominfo dan Humas Setda Kab. Gorontalo Utara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *