Terima Rektor IAIN, Bupati Dukung Peralihan IAIN menjadi UING

Terima Rektor IAIN, Bupati Dukung Peralihan IAIN menjadi UING

GORUT- Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menyatakan dukungan penuh atas peralihan status IAIN sultan Amai Gorontalo menjadi Universitas Islam Negeri Gorontalo (UING).

Dukungan tersebut disampaikan bupati saat melakukan pertemuan dengan Rektor IAIN sultan Amai Gorontalo, yang dilaksanakan di Ruang Kerja Bupati, Selasa (25/6) kemarin.

“Ya, untuk peralihan status ini, kami diminta untuk memberikan dukungan sepenuhnya. Baik dukungan dalam bentuk surat, maupun dukungan dalam bentuk kehadiran pada saat presentase di kementeriam agama nanti. Kami juga telah menyatakan respon dan mendukung sepenuhnya perolehan status itu,” jelas bupati.

Bupati Indra meyakini, beralih statusnya IAIN ke Universitas Islam Negeri akan merubah asumsi masyarakat tentang pendidikan di kampus itu.

“Tentu asumsi terhadap IAIN bahwa hanya melulu pada pendidikan keagamaan akan berubah. Karena akan terbuka fakultas umum dan jurusan umum. Misalnya perikanan, peternakan, maupun fakultas lainnya,” imbuhnya.

Lebih lagi kata bupati, perubahan status tersebut juga akan mendorong dan menarik perhatian calon mahasiswa untuk masuk ke universitas itu. Sebab ia menilai IAIN bakal memiliki ciri khas tersendiri.

“Meski ada perbedaan pada pendidikan keagamaannya, namun saya yakin itulah yang menjadikan ciri khas khusus di kampus tersebut. Saat ini kita (pemda) memandang bahwa sudah saatnya IAIN beralih status. Namun, dengan pertimbangan bahwa IAIN harus mengikuti perkembangan zaman dunia perguruan tinggi, sebab jika tidak akan kalah saing dengan universitas lain,” pungkas Indra.

Bupati bergelar doktor itu berharap, IAIN nantinya dapat mengkolaborasi jurusan yang ada. Agar nantinya dapat melahirkan SDM yang berkualitas dan memiliki pemahaman mendalam tentang agama Islam.

“Di universitas ini (IAIN) harus ada kombinasi antara jurusan keagamaannya dan jurusan umum. Seperti yang saya sampaikan tadi, bahwa itu akan menjadi ciri khas tersendiri bagi kampus ini,” tutup bupati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *