Bupati: Penyusunan APBD Mengacu Permendagri No. 33 tahun 2019

Bupati: Penyusunan APBD Mengacu Permendagri No. 33 tahun 2019

MANADO- Pemerintah Daerah (Pemda) Gorontalo Utara (Gorut) siap menerapkan pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020 berdasarkan Permendagri No. 33 Tahun 2019.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Gorut, Indra Yasin usai mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan langsung oleh Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, di Lagoon Hotel, Kota Manado, Kamis (27/6).

“Ya, sebagai kepala daerah kami diminta untuk segera melakukan pembahasan terkait tahapan penyusunan APBD 2020, dan kami diberikan waktu paling lambat pekan kedua Juli 2019. Tentu ini sesuai dengan penyampaian rancangan KUA PPAS ke DPRD nanti. Selanjutnya di minggu kedua bulan Agustus dilanjutkan dengan pembahasan Ranperda APBD 2020,” urai bupati.

Selain itu, kata bupati, pihaknya diminta agar mampu membelanjakan uang Negara secara efektif dan efisien.

Menanggapi pesan tersebut, bupatipun menyampaikan bahwa pihaknya segera memastikan bahwa dana yang diperuntukan bagi kesejahteraan rakyat Gorut tersebut tersalurkan dengan optimal.

“Tentu hal ini didasarkan pada jumlah alokasi anggaran yang telah dikucurkan pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Sehingganya kami berkomitmen untuk memastikan dana untuk rakyat disalurkan dengan optimal serta dijaga dengan baik,” tukasnya.

Bupati dua periode itu berharap, kerjasama yang baik antara badan eksekutif maupun badan legislatif di Gorut, dapat memberi hasil maksimal pada pembahasan hingga penetapan APBD 2020 nanti.Sosialisasi ini dibuka oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan dihadiri oleh seluruh kepala daerah se-Provinsi Gorontalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *