Pimpin Siang MP TP – TGR, Sekda : “bandel” Pihak Ketiga Akan di Blacklist

Pimpin Siang MP TP – TGR, Sekda : “bandel” Pihak Ketiga Akan di Blacklist

KWANDANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) memimpin langsung Sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (MP TP-TGR) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorut, Kamis (7/11).

Sidang ini menghadirkan 22 orang tertuntut dengan jumlah tuntutan sekitar 641Juta Rupiah.

“Yang berhasil kami terima hari ini baru sekitar 8 jutaan, selebihnya ada yang berjanji akan mengembalikan di pekan depan, hingga 2 bulan kedepan, baik dengan cara diangsur maupun utuh sesuai tuntutan di masing-masing pihak,” jelas Sekda Ridwan usai sidang.

Sekda Ridwan menegaskan, pihaknya akan mengambil langkah tegas, jika pihak yang dituntut tidak mengindahkan langkah persuasif yang ditempuh.

“Kalau tidak memenuhi pengembalian TGR maka akan kami rekomendasikan kepada pihak berwajib. Batas waktu pengembalian terhitung hari ini (Kamis 7/11/2019) hingga dua bulan kedepan,” ujarnya.

Pihak yang terlibat dan bertanggung jawab penuh terhadap TGR ini kata Ridwan adalah pihak ketiga.

“Adapun ASN yang terlibat karena terkait jabatan, yakni KPA dan PPTK, sehingga mereka juga ikut bertanggung jawab. Tapi, tetap yang dibebankan untuk ganti rugi adalah pihak ketiga. Dan kami tegaskan, pihak ketiga yang tercatat itu kami masukan ke daftar hitam (blacklist) kerjasama pelaksanaan program kegiatan,” terangnya.

Meski demikian kata mantan karo hukum Provinsi Gorontalo itu, masih ada kemungkinan bagi pihak dimaksud untuk melanjutkan kerjasama dengan Pemkab Gorut.

“Jika mereka (pihak ketiga) siap memenuhi pengembalian hari ini juga, tanpa menandatangani SK TGR maka ada kemungkinan untuk kerjasama lagi, karena ada itikad baik. Jika tidak, maka kami Blacklist,” pungkasnya.

Kedepan sekda berharap, kejadian-kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, agar seluruh pelaksanaan program kegiatan berjalan dengan baik.

Sidang ini dilangsungkan di Aula Kantor Inspektorat dan dihadiri oleh wakil-wakil ketua sidang, yakni Asisten I Suleman Lakoro, Asisten II Thamrin Yusuf, Kaban Keuangan Husin Halidi dan Kepala Inspektorat Sjamsul Bahri Pou (barometernewsgo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *