Pemkab Sambut Kajari Gorontalo Utara Dengan Prosesi Adat Moloopu

Pemkab Sambut Kajari Gorontalo Utara Dengan Prosesi Adat Moloopu

KWANDANG  – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menyambut kedatangan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gorut Revanda Sitepu, SH, MH sebagai pejabat baru dengan prosesi adat Moloopu, Senin (11/11) kemarin. Revanda yang didampingi istri dan kedua anaknya, mengikuti sejumlah prosesi adat di antaranya mopolahe tou taeya (mempersilahkan turun dari kendaraan), mopodiyambango (mempersilahkan melangkah), mopotupalo (mempersilahkan masuk gapura adat). Prosesi tersebut diiringi dengan sajak atau pesan-pesan adat yang syarat makna. Moloopu merupakan upacara penjemputan secara adat dari rumah kediaman pribadi ke rumah dinas jabatan (Yiladia).

Upacara ini, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat juga sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan masyarakat dari nederi adat Uduluwo Lo U Limo Lopohalaa (lima negeri adat).

Revanda Sitepu yang diwawancarai usai menjalani prosesi Adat Moloopu mengaku bangga dapat menjalani prosesi tersebut.

“Saya sebagai warga baru di sini (Gorut) harus mengikuti dan harus biasa menyesuaikan dengan apa yang sudah berjalan di lingkungan Gorontalo Utara. Saya juga sangat-sangat berterima kasih kepada Pak Bupati yang sudah membuat kegiatan seperti ini, sehingga saya dapat dinyatakan diterima oleh masyarakat Gorontalo Utara,” tutur Revanda.

“Selanjutnya tentunya saya akan menjaga apa yang diharapkan, atau petuah-petuah apa yang sudah disampaikan tokoh-tokoh adat di sini, saya akan jaga jangan sampai saya melanggarnya,” sambungnya.

Sempat terharu saat menjalani prosesi adat, Revanda mengaku dirinya merasa bangga dapat menjalani sebuah adat kebiasaan yang belum pernah dijalaninya selama ini.

“Saya di sini bukan orang Gorontalo, darah saya darah Sumatera Utara, ternyata di daerah Gorontalo Utara saya dapat diterima oleh masyarakat sini, alhamdulillah itu yang harus saya pegang dan saya jaga,” ujarnya.

Untuk langkah konkrit kedepan, setelah resmi menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara, Revanda Sitepu mengatakan sebagai lembaga dibidang hukum, tentu penegakan hukum menjadi hal pertama yang akan dilakukan.

Namun demikian, Revanda mengaku hal utama yang akan dilakukannya, adalah menjalin sinergi dengan pemerintah daerah. Dimana, di era pemerintahan Presiden Jokowi, Kejaksaan adalah bagian dari pemerintahan.

“Tentunya Kejari Gorontalo Utara harus mendukung apa yang menjadi program-program bupati dalam rangka membangun wilayah Kabupaten Gorontalo Utara ini. Kami akan selalu mendampingi kegiatan-kegiatan yang ada di Gorontalo Utara untuk kemajuan kedepan,” jelasnya.

Sementara Bupati Gorut, Indra Yasin menjelaskan adat Moloopu adalah adat kebiasaan yang dilaksanakan di Gorontalo, setiap ada pimpinan yang masuk di daerah Gorontalo.

“Mungkin secara birokrasi saat ini sudah jalan, tapi dengan penerimaan secara adat, maka beliau (Revanda Sitepu) peroleh restu untuk sudah bisa melaksanakan tugas di semua wilayah Gorontalo Utara. Mudah-mudahan dengan adat kebiasaan disertai dengan doa, insya Allah beliau tetap dalam lindungan Allah dan dalam keadaan sehat menjalankan tugasnya di sini,” terang Bupati Gorut Indra Yasin. (barometernewsgo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *