Tampil Sebagai Pemateri Pada Dialog Pemuda Lintas Agama, Wabup Ajak Masyarakat Hidup Toleran dan Harmonis

Tampil Sebagai Pemateri Pada Dialog Pemuda Lintas Agama, Wabup Ajak Masyarakat Hidup Toleran dan Harmonis

KWANDANG – Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menjadi pemateri dalam Dialog Pemuda Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorut, Senin 11 November 2019 di Hotel Horison Gorontalo.

Dalam penyampaiannya, Thariq Modanggu menegaskan bahwa persoalan agama merupakan persoalan fundamental yang harus disikapi secara masive dan berkesenimbungan demi terwujudnya dan terciptanya kehidupan beragama yang harmonis dan toleran.

Menyikapi kecenderungan konflik antarpenganut agama, akhir-akhir ini, sebagai pemerintah daerah yang bertanggung jawab atas itu perlu mendesain kembali skema antisipasi konflik antar umat beragama.

Karena menurut Thariq, konflik antarumat beragama bukan terletak pada agamanya, sosialnya, ekonominya namun lebih terletak pada diri sendiri.

Motif-motif itu seringkali menjadi sumber konflik yang mulanya kecil dan karena dibiarkan menjadi besar dan berpengaruh pada stabilitas daerah yang ujung-ujungnya menuntut peran pemerintah daerah.

Sehingga dalam menyikapi konflik dibutuhkan berbagai aspek perspektif yang luas dan mendalam sehingga menghasilkan kesimpulan ataupun keputusan yang komprehensif yang mewadahi semua kepentingan umat beragama.

Maka dalam rangka menciptakan kehidupan beragama yang harmonis di wilayah pemerintah kabupaten Gorut, Pemerintah berupaya menjadi leading sektor dengan interfensi program yang benar-benar menyentuh kehidupan sosial kemasyarakatan karena hal ini juga merupakan akar persoalan timbulnya konflik. (barometernewsgo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *