Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Sekda Serahkan 4 Unit Rumpon

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Sekda Serahkan 4 Unit Rumpon

KWANDANG – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) terus melakukan pemenuhan kebutuhan masyarakat nelayan. Senin (11/11), Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut, Ridwan Yasin menyerahkan bantuan 4 unit Rumpon bagi 4 kelompok nelayan, yang dilaksanakan di Pelabuhan Kwandang. Kepada para penerima bantuan Sekda menjelaskan, bantuan ini merupakan bagian dari visi misi IQRA (Indra-Thariq), yang tentunya disalurkan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Hari ini kami menyerahkan 4 unit Rumpon bagi 4 kelompok masyarakat nelayan. Dan diharapkan ini dapat difungsikan dengan baik. Nah, saat ini kita memasuki bulan Desember, sebagaimana kita ketahui di bulan ini cuaca dan gelombang cukup ekstrim, maka dari itu, hari ini Pemkab Gorut mempercepat penyerahannya agar pada pemasangan Rumpon nanti tidak terganggu,” jelas sekda. Dirinya juga meminta kepada masyarakat penerima agar menjaga dan merawat bantuan tersebut, agar efektif dalam membantu nelayan untuk meningkatkan pendapatan mereka.

“Harga rumpon ini lumayan besar, dan setiap tahun akan kami anggarkan. Maka dari itu kami harap bantuan bisa dirawat dengan sebaik-baiknya,” pungkas Ridwan.

Perlu diketahui, Rumpon atau yang lebib dikenal dengan nama Ponton/Rompong oleh masyarakat Gorontalo adalah salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut. Pemasangan tersebut dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul di sekitar rumpon, sehingga ikan mudah untuk ditangkap. (barometernewsgo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *