Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Sekda Harap Puskesmas Atinggola Jadi Akreditas Utama

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Sekda Harap Puskesmas Atinggola Jadi Akreditas Utama

KWANDANG  – Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas telah tiba di Gorontalo Utara (Gorut), Rabu (13/11) kemarin. Dijadwalkan tim ini akan bersiap melakukan reakreditasi terhadap Puskesmas Atinggola yang saat ini baru mengantongi akreditasi tingkat dasar, Kamis (14/11) hari ini. Tim yang berjumlah 3 orang ini disambut hangat pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Tim ini akan turun hingga 3 hari kedepan dan berakhir pada Minggu (17/11) akhir pekan ini.

“Nah, diharapkan status akreditasinya akan naik menjadi akreditasi paripurna dan minimal akreditasi tingkat utama. Karena saat ini untuk akreditasi tingkat utama di Gorut baru satu, yakni Puskesmas Dambalo, selebihnya madya dan dasar,” tutur Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut Ridwan Yasin, usai menjamu tim surveyor akreditasi puskesmas.

Sekda  berharap kehadiran tim surveyor ini dapat memberikan petunjuk-petunjuk maupun arahan-arahan kepada pemerintah Kabupaten Gorut, bagaimana jajaran Dinas Kesehatan untuk memberikan kontribusi yang baik, sehingga dapat meningkatkan status akreditasi.

“Karena akreditasi itu akan mempengaruhi tingkat pelayanan. Seperti, fasilitasnya akan bertambah dan lain sebagainya,” harapnya.

Lanjut Sekda, berdasarkan penyampaikan tim surveyor melalui ketua tim, bahwasanya untuk naik ke tingkat utama. Maka, syarat-syarat atau indikator-indikator untuk puskesmas di daerah yang masih sedang berkembang seperti Kabupaten Gorut, memang punya tantangan tersendiri.

“Jadi, tidak kemudian saat mereka turun dan akan langsung mendapatkan akreditasi tingkat utama tersebut. Hanya saja, pengalaman mereka melakukan reakreditasi di seluruh Indonesia, biasanya daerah yang sedang berkembang itu sulit mendapatkan akreditasi tingkat utama itu, sehingga ini yang membuat kami punya motivasi khusus, dan alhamdulillah hal itu berkesan bagi tim yang disambut baik oleh pemerintah daerah,” papar Ridwan.

Yang jelas kata Sekda Ridwan, dalam rangka peningkatan akreditasi ini, pihaknya akan terus mensupport baik sarana prasarana maupun kesiapan SDM dan lain sebagainya. “Kami sebagai pemerintah daerah yang mempunyai tugas, pokok dan fungsi di bidang anggaran, saya kira kalau puskesmas kita sudah sampai akreditasi tingkat utama, tentunya kita juga harus berikan fasilitas yang memadai sesuai dengan standar yang sudah ditentukan,” tandasnya. (barometernewsgo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *