DPRD Gorut dukung cita-cita bupati kembangkan potensi wisata buah

Administrator 25 September 2020 0 Kali
DPRD Gorut dukung cita-cita bupati kembangkan potensi wisata buah
IMG-20200923-WA0110

Gorontalo Utara - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo, mendukung cita-cita Bupati Indra Yasin, untuk mengembangkan potensi wisata buah di daerah itu.

Anggota Komisi III DPRD, Wisye Pangemanan, di Gorontalo, Kamis, mengungkapkannya, usai melakukan kunjungan di lokasi perkebunan buah yang ada di Desa Cempaka Putih dan Papualangi, Kecamatan Tolinggula.

Ia mengatakan, kelestarian hutan di bagian hulu sungai wilayah tersebut masih sangat terjaga, ditambah aliran air sungai yang sangat menunjang pengembangan objek wisata buah.

Maka yang dicita-citakan bupati katanya, perlu didukung penuh sebab tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah di sektor pariwisata, namun bertujuan menjaga keseimbangan alam melalui program penanaman bibit pohon buah.

Wisye mengaku salut, pemerintah daerah khususnya bupati, menunjukkan kepeduliannya yang tinggi terhadap dua urusan wajib tersebut.

Yaitu mengembangkan pariwisata memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki, serta menjaga kelestarian lingkungan.

Ia berharap, selain menyalurkan bantuan bibit buah, pemerintah daerah perlu menggencarkan edukasi kepada masyarakat terkait menjaga kelestarian lingkungan, khususnya di sekitar daerah aliran sungai.

Hal itu penting, mengingat wilayah barat tergolong paling rawan bencana tanah longsor.

Melalui program menanam pohon buah, diharapkan tidak hanya dilakukan di lokasi atau desa-desa sebagai destinasi wisata, namun dilakukan di daerah aliran sungai dan tebingan, untuk mencegah bencana tersebut.

sumber : gorontalo.antaranews.com