Pemkab Gorontalo Utara latih penyusun LPPD target predikat terbaik

Administrator 05 Maret 2021 0 Kali
Pemkab Gorontalo Utara latih penyusun LPPD target predikat terbaik

Gorontalo Utara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo melatih para penyusun laporan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) agar target predikat terbaik kembali diraih.

Hal itu diungkap Bupati Indra Yasin, di Gorontalo, Jumat, terkait studi komparatif sistem informasi elektronik LPPD yang digelar pemerintah daerah tersebut di Kota Manado.

Serta sosialisasi peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Sekaligus review data dalam optimalisasi penyusunan LPPD tahun 2020.

LPPD disusun pemerintah daerah untuk dilaporkan ke pemerintah provinsi dan pusat, untuk mengukur serta mengevaluasi capaian kinerja pemerintah daerah itu sendiri.

"Kita perlu menyusunnya dengan optimal, namun transparan sesuai fakta penyelenggaraan pemerintahan daerah ini," katanya.

Juga penyusunannya harus sesuai yang tertuang pada peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaran pemerintahan daerah.

LPPD kata Indra, juga menjadi jendela, wajah atau cerminan pemerintah kabupaten.

Cermin itu tidak boleh buruk apalagi capaian predikat dan status kinerja pemerintah daerah ini sejak tahun 2018 tergolong tinggi.

Tahun 2018, kata Indra LPPD pemerintah daerah itu mencapai skor 3.2783, di tahun 2019 mencapai skor 3.4810 atau meningkat dari tahun 2018.

"Kita targetkan LPPD tahun 2020 akan lebih meningkat," katanya lagi.

Untuk mencapai itu, seluruh penyusun LPPD di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) harus dapat bersinergi agar menghasilkan laporan yang akuntabel, transparan dan otentik.

Sumber : https://gorontalo.antaranews.com