Terkait Pertambangan Galian C di Kwandang, Thariq Modanggu: Kita Tidak Setuju

Administrator 25 September 2020 0 Kali
Terkait Pertambangan Galian C di Kwandang, Thariq Modanggu: Kita Tidak Setuju

KWANDANG – Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu angkat bicara terkait rencana pengusulan lokasi pertambangan galian C oleh CV. Indo Batu Alam Sukses di Desa Mootinelo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara.

Sebagai orang nomor dua di Gorontalo Utara, ia menegaskan bahwa pemerintah daerah menolak atas pengusulan dari pihak perusahaan swasta. Untuk membuka area pertambangan di wilayah Kecamatan Kwandang yang menjadi Ibu Kota Kabupaten.

“Kami tidak setuju dengan adanya pertambangan di kwandang sebagai Ibu Kota Kabupaten,” tegas Thariq, Selasa (22/9/2020).

Adanya usulan tersebut, maka Thariq mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama aparat Desa Mootinelo. Meninjau langsung lokasi yang diminta oleh pihak perusahaan itu.

Menurut Thariq, ada tiga hal yang mendukung keinginan pemerintah daerah untuk menolak rencana pembuatan area pertambangan galian C. Yakni, pertama dalam dokumenter rencana Detail Tata Ruang (DTR) Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN), Kecamatan Kwandang tidak tercantum konsep tentang pertambangan.

Kedua seiring adanya penolakan dari warga setempat kepada pemerintah desa adanya rencana pertambangan tersebut. yang ketiga karena lokasi itu terdapat area pembebasan untuk pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Makanya kami melakukan peninjauan lapangan langsung untuk memastikan kondisi lokasi. Jadi tiga alasan yang saya sebutkan, menjadi dasar kenapa kami menolak itu,” ungkapnya.

sumber : gopos.id